Kebakaran Hebat Melanda Pasar Tanah Abang, Puluhan Kios Terbakar

Berita118 Views

Jakarta, 30 Mei 2024 – Kebakaran hebat terjadi di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, dini hari tadi. Api mulai terlihat sekitar pukul 02:30 WIB dan dengan cepat menyebar ke puluhan kios di blok A dan B pasar terbesar di Asia Tenggara ini.

Penyebab dan Dampak Kebakaran

Menurut saksi mata, api pertama kali terlihat dari salah satu kios pakaian di Blok A. Diduga kebakaran disebabkan oleh korsleting listrik. Petugas pemadam kebakaran langsung diterjunkan ke lokasi begitu menerima laporan.

“Kami menerima laporan sekitar pukul 02:45 WIB dan langsung mengirimkan 20 unit mobil pemadam kebakaran. Api berhasil kami kendalikan sekitar pukul 05:00 WIB,” ujar Kepala Dinas Pemadam Kebakaran DKI Jakarta, Satriadi Gunawan.

Kerugian akibat kebakaran ini diperkirakan mencapai miliaran rupiah, mengingat banyak kios yang menjual barang-barang berharga seperti pakaian, tekstil, dan aksesoris. Sejauh ini, belum ada laporan korban jiwa, namun beberapa pedagang mengalami luka-luka ringan saat mencoba menyelamatkan barang dagangan mereka.

Upaya Penanggulangan

Petugas pemadam kebakaran bekerja keras sepanjang malam untuk memadamkan api dan mencegahnya menyebar ke bagian lain pasar. Selain itu, aparat kepolisian juga melakukan pengamanan di sekitar lokasi untuk mencegah aksi penjarahan.

“Keamanan di sekitar lokasi kejadian sudah kami tingkatkan. Kami juga bekerja sama dengan pengelola pasar untuk memastikan para pedagang dapat mengakses informasi terkait kebakaran ini,” kata Kapolsek Tanah Abang, Kompol Singgih Hermawan.

Respons Pemerintah dan Dukungan Masyarakat

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, meninjau langsung lokasi kebakaran pada pagi hari ini. Dalam pernyataannya, Anies menyampaikan keprihatinannya dan berjanji akan memberikan bantuan kepada para pedagang yang terdampak.

“Kami akan memastikan para pedagang yang terdampak kebakaran ini mendapatkan bantuan dan solusi sementara untuk melanjutkan aktivitas perdagangan mereka. Kami juga akan melakukan evaluasi menyeluruh untuk mencegah kejadian serupa di masa depan,” ujar Anies.

Di media sosial, dukungan dan simpati mengalir untuk para pedagang Pasar Tanah Abang. Banyak warga Jakarta yang menawarkan bantuan berupa makanan dan minuman untuk petugas pemadam kebakaran serta para pedagang yang terkena musibah.

Comment